Sekolah Dasar Islam Bernuansa Alam

Masak-Masak Bersama Anak Praja

Haiii….

Hari ini aku sebagai anak Praja dan teman-teman di beri tugas oleh pembimbing kami yaitu Coach Ajat untuk memasak. Kami akan memasak Telur Dadar, Tempe Goreng, dan Tomyam. Sebelum nya kami harus belanja bahan-bahan masakkan terlebih dahulu. Ada yang belanja telur di warung, sayur di pasar, sedangkan aku bersama temanku Fajri dan Azhura di tugaskan untuk membeli daging ayam di pasar dengan diantar kan oleh Miss Lia dan Miss Nur menggunakan motor.

Saat di pasar kami di arahkan oleh Miss Nur dan Miss Lia untuk menawar harga daging ayam. Awal nya kami tidak bisa tapi akhirnya kami bisa karena diberi kiat-kiat tawar menawar sama Miss-Miss nya. Biasanya kan yang jago tawar menawar itu ibu-ibu hehehe

Adapun bahan-bahan masakan yang kami semua beli yaitu:

  • Telur 1/2 kilo
  • Bawang Putih
  • Bawang Merah
  • Ayam
  • Saus
  • Beras 2 Liter
  • Toge
  • Garam
  • Minyak Gorang
  • Saori
  • Tempe

Setelah semua bahan-bahan lengkap kami mulai memasak di bantu oleh Coach Ajat dan Coach Kamsani. Masakan pertama yaitu memasak nasi. Nah, sambil menunggu nasi matang kami melanjutkan membuat telur dadar dan tempe goreng. Kemudian kami memasak menu utama yaitu Tomyam, setelah masakkannya matang Coach Ajat meminta kami untuk memberikan masakkan yang kami buat kepada Miss, Coach, dan Ibu-Ibu yang kebetulan ada di sekolah mengantarkan bekal makan siang untuk mencicipinya.

Dan Alhamdulillah semua memberikan respon yang posistif katanya ada yang bilang enak, dan juga ada Miss yang bilang “Makanannya kurang enak ah, nyicicipin makanannya sedikit, coba kalau banyak pasti enak” . hehehe… ini kan hanya untuk testi Miss.

Selesai memberikan testi kepada semuanya, waktunya kami memakan masakkan yang sudah kami buat tapi sebelumnya kami memetik daun pisang yang ada di kebun samba untuk jadi alas makannya. Selesai makan kami membereskan dan mencuci alat masakkan dan membuang sampah-sampah yang tersisa.

Lalu kami bergegas untuk sholat jum’at yang berada di pendopo. Setelah sholat kami anak praja berkumpul di pendopo bersama Coach Ajat untuk menghitung sisa uang belanja dan ternyata sisa uangnya masih banyak. Kata Coach Ajat bagaimana sisa uangnya kita gunakan untuk beli buah dan kami setuju semua, mana mungkin kami bisa nolak.

Aku dan Azhura lah yang di tugaskan untuk membeli buah yang diantar oleh Miss Nur, buah yang kami beli adalah semangka. Dan buah semangka aku makan bersama anak praja.

Setelah nya kami di beri tugas lagi untuk menulis pengalaman kegiatan hari ini. Hari ini aku merasa sangat senang karena sudah belajar memasak, belajar bagaimana mengelola uang, dan makan-makan bersama dan aku bangga menjadi Anggota Praja SDIT SAMBA TARUMA

Exit mobile version